fbpx

Pengelolaan Pasar Klewer Mendapat Predikat Terbaik Dari Jokowi

Solo – Memiliki peran penting dalam revitalisasi Pasar Klewer pasca kebakaran tahun lalu, Caleg DPR RI Dapil Jateng V (Solo, Sukoharjo, Boyolali, dan Klaten), Eva Yuliana turut mendampingi Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo yang mendapat penghargaan dari bapak Presiden Joko Widodo.

Penghargaan tersebut disampaikan oleh orang nomor satu di Indonesia karena kota Solo berhasil mewujudkan dua pasar yang fenomenal.

“Pertama adalah predikat pengelolaan pasar terbaik, yaitu pasar Klewer. Dan kedua adalah predikat pasar paling ramah difabel untuk pasar Tanggul,” cerita Eva sebagaimana dikutip dalam akun Instagram pribadinya, Rabu (13/03/2019).

Dalam unggahan tersebut Caleg No Urut 1 (Satu) itu juga bercerita bahwa penghargaan tersebut diberikan di di Indonesia Convertion Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Banten.

“Saya mendampingi bapak Mentri Perdagangan sekaligus menemani sahabat saya bapak Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo yang mendapat penghargaan dari bapak Presiden Joko Widodo,” tutur dia.

Lebih jauh, Eva yang saat ini juga menjabat sebagai Staf Khusus Mentri Perdagangan tersebut mengaku bangga menjadi “Wong Solo”.

Baginya pencapaian tersebut menunjukkan bawa pemimpin dan warga solo memiliki visi yang tepat tentang perekonomian masyarakat. Hal itu terlihat dari perhatian dan kerjasama mereka untuk kebaikan pasar tradisional sebagai urat nadi perekonomian.

Dalam beberapa kesempatan Eva juga sering mengutip kata-kata yang mengisyaratkan tentang keperdulian terhadap pasar tradisional. Seperti “Pasare Resik, Rejekine Apik.” Atau “Pasare Becik, Rejekine Apik.”

Artinya ia percaya bahwa pasar yang tertata dengan baik akan menjadi sumber penghasilan yang baik-pula bagi masyarakat. Pedagang mendapat keuntungan, pembeli mendapat yang dibutuhkan dengan hati senang.

Prinsip tersebut dipahami betul oleh Eva Yuliana, dan dalam banyak kesempatan ia selalu berusaha untuk mewujudkannya.

“Alhamdulillah posisi saya sebagai wakilnya pak Mentri Perdagangan membuat saya selalu bersentuhan dengan dunia perdagangan. Terutama pasar tradisional. Saya berusaha sebisa saya untuk berbuat, memberi manfaat bagi orang banyak. Salah satunya dengan membantu program revitalisasi dan pembangunan pasar yang memang di bawah perintah pak Jokowi ini cukup gencar. Kedepan jika saya diberi amanah menjadi Wakil Rakyat di Senayan, saya berharap bisa lebih berguna untuk masyarakat,” terang dia dalam kesempatan lain.

Sebagai informasi, selain memberikan penghargaan kepada walikota Surakarta, pada kesempatan tersebut bapak Presiden Joko Widodo juga memberikan apresiasi mendalam kepada Kementrian Perdagangan.

Apresiasi tersebut diberikan lantaran keberhasilan lembaga yang menaungi Eva Yuliana itu berhasil membangun 4.200 pasar (termasuk revitaslisasi dan pembangunan) sepanjang 2018 lalu.

Salah satu yang masih segar dalam ingatan warga Solo adalah Pasar Klewer yag beberapa bulan lalu mengalami musibah kebakaran. Saat itu Eva Yuliana langsung bergerak ke lapangan.

Secara pribadi ia mengawasi proses evakuasi dan menyumbang 10.000 tenda darurat agar para pedagang tidak menunggu lama untuk mendapat tempat lapak baru. Hal tersebut diakui banyak pihak sangat membantu pemulihan perekonomian rakyat yang biasanya tersendat pasca ada musibah. (*)

Beri Dukungan!

Ikuti Eva Yuliana di Sosial Media