fbpx

Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Kecil

Surakarta – Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antarlembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan sekaligus Caleg DPR RI Dapil V Jateng, Eva Yuliana terus berupaya memacu pertumbuhan ekonomi kecil.

Selain menggelar dan memeriahkan berbagai event UMKM, beliau juga mencontohkan sekaligus mengajak masyarakat untuk berbelanja kebutuhan di pasar tradisional sebagai tindakan nyata untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kecil.

Ajakan tersebut selalu disampaikannya disetiap kesempatan kampanye / blusukan bertemu dengan warga di wilayah Dapil Jateng V (Solo, Sukoharjo, Boyolali dan Klaten).

Ia bahkan tidak segan-segan untuk bercerita tentang kebiasaannya yang selalu membeli Getuk, Cenil, Tiwul dan Dawet disamping belanja pokoknya.

“Kalau ke pasar biasanya ada tambahannya, karena sudah capek keliling dan bertemu dengan banyak teman pedagang langganan ibu-ibu mampir beli getuk, cenil, tiwul dan dawet gak? Saya juga iya sama, itu menu wajib,” cerita dia.

Ia tidak keberatan jika kebiasaannya itu dipandang sebagai kelakuan ndeso. “Namanya ibu-ibu ya kayak gitu, dibilang ndeso yo wis ben,” tambah dia.

Ia menambahkan, berbelanja di pasar tradisional memiliki banyak pilihan barang dan juga harganya relatif lebih murah. Untuk itu, Eva sering memilih berbelanja kebutuhan di pasar tradisional.

“Di pasar tradisional pilihan bermacam-macam, semua ada di sini mulai dari sayur, daging hingga alat kebersihan dan harganya lebih murah,” kata dia.

Selain itu, ada hal lain yang menjadi nilai tambah pasar tradisional dan tidak ada di pasar modern manapun. Yaitu nilai-nilai kebersamaan dan kekeluargaan yang terbangun dari hungungan penjual dan pembeli.

“Dan yang paling penting suasana kekeluargaan dan kebersamaan sangat terasa di pasar tradisional daripada di pasar modern,” paparnya.

Alumni pesantren al-Muayyad Solo yang juga dipercaya Partai NasDem untuk maju ke kursi DPR RI itu menjelaskan ketika berbelanja, ia bisa berinteraksi dengan banyak orang.

“Sejak dipercaya sebagai Staf Khusus Mentri Perdagangan, saya sudah berkali-kali turun ke pasar. Berdialog dengan para pedangang, mendengarkan banyak hal dari mereka. Saya juga tahu betapa kompleks sekaligus pentingnya urusan pemberdayaan ekonomi kecil ini,” tegas dia. (*)

Beri Dukungan!

Ikuti Eva Yuliana di Sosial Media